Tutup Iklan
BeritaDaerah

Dampak Kekeringan, Warga Pamoyanan Mendapatkan Bantuan Air Bersih dari BPBD Kabupaten Bandung

25
×

Dampak Kekeringan, Warga Pamoyanan Mendapatkan Bantuan Air Bersih dari BPBD Kabupaten Bandung

Sebarkan artikel ini
Dampak Kekeringan, Warga Pamoyanan Mendapatkan Bantuan Air Bersih dari BPBD Kabupaten Bandung
Kepala Desa Panenjoan H. Asep Permana didampingi Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Linmas saat pendistribusian Air Bersih oleh BPBD Kabupaten Bandung (hendriko/beritaraya.id)

BANDUNG, Beritaraya.id – Dampak kemarau panjang akibat cuaca ekstrem, di Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung membuat warga masyarakat menjadi kekeringan atau kekurangan air bersih.

Masalah ini menjadi perhatian serius bagi kehidupan sehari-hari warga masyarakat di lingkungan RT 03, 04, 05 dan 08 RW 02 Kp. Pamoyanan Desa Panenjoan yang kekurangan air bersih.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Kepala Desa Panenjoan H. Asep Permana mengatakan, ada tiga RT di wilayah RW 02 dan RW 01 yang telah melaporkan bahwa warga masyarakat mengalami dampak kemarau panjang yakni kekurangan air bersih.

“Atas laporan tersebut, kami atas nama pemerintahan desa langsung mengajukan permohonan bantuan pasokan air bersih ke BPBD Kabupaten Bandung,” kata Asep saat dilokasi pendistribusian air bersih. Selasa, 10 Oktober 2023.

Dalam hal ini, pihak BPBD Kabupaten Bandung langsung bergerak dalam pendistribusian air bersih, Bhabinkamtibmas dan Babinsa langsung membantu mengorganisir penyaluran air bersih ke warga.

Langkah antisipasi kedepannya, kami dari Pemdes Panenjoan akan inventarisir SAB di setiap RT/RW dan akan melihat skala prioritas untuk pengajuan pembangunan SAB baru. Pungkas Kades Panenjoan.

Sementara itu, ditempat yang sama Baban Ketua RT 03 RW 02 mengatakan selama kurang lebih 2 hingga 3 bulan ini warganya berupaya mengambil air dari kampus STIE.

“Musim kemarau tahun ini merupakan terparah yang dialami, ketika saya mengetahui bisa mengajukan bantuan air bersih ke warga dari Pemerintah Kabupaten saya selaku Ketua RT langsung komunikasi dengan pemdes,” tuturnya.

“Alhamdulillah, hari ini dengan kesigapan Kepala Desa dan jajarannya bantuan air bersih untuk warga kami bisa terealisasi,” singkatnya.

Ketua RW 02 Desa Panenjoan, Jejen juga mengatakan bahwa diwilayahnya ada 4 RT yakni RT 03, 04, 05 dan 08 terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih.

“Dengan adanya bantuan saat ini, saya melihat warga masyarakat merasakan manfaat atas bantuan dari Pemerintahan Kabupaten Bandung melalui BPBD ini,” imbuhnya.

Senada dengan Ketua RT 03, kami harap di wilayah RW 02 ini bisa mendapat bantuan dari pemerintah berupa pembangunan SAB di tiap RT yang belum memilikinya agar bisa mengurangi warga masyarakat yang kekeringan akibat cuaca ektrem seperti saat ini.

Sementara itu, Arif warga RT 04 juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan Kabupaten Bandung yang telah peduli kepada masyarakat dalam penyaluran air bersih disaat dampak kemarau panjang ini, dan kami sangat terbantu sekali serta membutuhkan air bersih ini. (Bdg-01)