Tutup Iklan
Berita

Dandim 0624/Kab. Bandung Ingatkan Babinsa Waspadai Bencana Musim Penghujan di Wilayah Binaannya

10
×

Dandim 0624/Kab. Bandung Ingatkan Babinsa Waspadai Bencana Musim Penghujan di Wilayah Binaannya

Sebarkan artikel ini
Dandim 0624/Kab. Bandung Ingatkan Babinsa Waspadai Bencana Musim Penghujan di Wilayah Binaannya
Dandim 0624/Kab. Bandung, Letkol Inf Hamzah Budi Susanto (dok: pendim 0624/beritaraya.id)

Bandung – Memasuki musim penghujan saat ini, Komandan Kodim 0624/Kab. Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto mengingatkan kepada jajaran Danramil agar Babinsa aktif dan selalu monitoring wilayah binaannya dalam mewaspadai dan mengantisipasi bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Dengan meningkatnya curah hujan di wilayah Kabupaten Bandung setiap harinya, saya harap agar seluruh Babinsa melakukan monitoring desa binaan,” kata Dandim saat ditemui di Koramil 2402/Cicalengka dalam kunjungan kerja. Senin, 4 Desember 2024.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Serta selalu memberikan himbauan kepada warganya agar selalu waspada demi meminimalisir terjadinya bencana alam.

Ia juga menjelaskan, sesuai arahan Pangdam III/Siliwangi dalam menghadapi musim penghujan maka seluruh anggota TNI harus upayakan membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam kegiatan mitigasi bencana.

Dengan melakukan mitigasi bencana sejak dini, supaya mengurangi kemungkinan terjadinya banjir, longsor dan bencana lainnya yang disebabkan curah hujan yang tinggi,” sambungnya.

Melaksanakan kegiatan pembersihan parit/selokan, pengelolaan dan pembersihan sampah pasar serta penanaman pohon secara serentak di seluruh Koramil jajaran Kodim 0624/Kab. Bandung,” jelasnya.

Hal tersebut telah kami sampaikan dan dilakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi mitigasi bencana di Koramil jajaran Kodim 0624/Kab. Bandung.

Kurang lebih telah 1.000 pohon dilakukan penanaman, pembersihan 2 Km parit/selokan serta puluhan kubik sampah pasar yang telah dibersihkan oleh Babinsa Koramil jajaran Kodim 0624/Kab. Bandung,” terangnya.

Peran Babinsa sangat dibutuhkan masyarakat, untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya bencana alam di musim penghujan ini.

Kami juga meminta Babinsa selalu memberikan himbauan kepada masyarakat agar waspada dan menghindari dari tempat atau lokasi yang rentan terjadi bencana yang dapat membahayakan diri serta keluarganya,” imbuhnya.

Setiap tahunnya, Kabupaten Bandung rentan terjadi bencana alam jika curah hujan meningkat seperti tanah longsor, banjir bandang serta angin puting beliung. Pungkasnya.