Tutup Iklan
Nasional

Gelar Sidang Senat Terbuka, Ryamizard Ryacudu Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Unhan RI

87
×

Gelar Sidang Senat Terbuka, Ryamizard Ryacudu Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Unhan RI

Sebarkan artikel ini
Gelar Sidang Senat Terbuka, Ryamizard Ryacudu Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Unhan RI

Beritaraya.id, Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) Ilmu Pertahanan bidang Perang Semesta kepada Jenderal (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu oleh Universitas Pertahanan RI di Kampus Unhan, Bogor, Kamis (20/5).

Dalam sidang ini Rektor Unhan RI Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian.,S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR., IPU selaku Ketua Senat Unhan RI yang menyampaikan bahwa Jenderal TNI (Purn) Dr. (H.C) Ryamizard Ryacudu merupakan Doktor Honoris Causa pertama di Universitas Pertahanan RI yang telah menunjukkan prestasi sebagai militer profesional sekaligus prestasi akademik.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Laksdya TNI Amarulla Octavian menyatakan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu adalah tokoh penting yang pertama menerima penganugerahan gelar doktor kehormatan dengan penyampaian Orasi Ilmiah yang berjudul “Bela Negara sebagai Dasar Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta dalam Menghadapi Ancaman Militer, Nonmiliter dan Hibrida”.

Sebagai prajurit TNI, Jenderal TNI (Purn) Dr. (H.C) Ryamizard Ryacudu menunjukkan dharma bhakti luar biasa ketika menjabat sebagai Pangkostrad tahun 2000-2002, Kasad tahun 2002-2005 dan Menhan RI tahun 2014- 2019.

Senat Akademik dan Dewan Guru Besar Unhan RI menilai Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu layak menerima gelar doktor kehormatan atas prestasi yang dicapai selama ini.

Pengetahuan sepanjang karier prajurit TNI hingga menjadi KSAD pada periode 2002-2005 dan Menhan 2009-2014 pun telah banyak dituangkan ketika memberi kuliah umum di Unhan RI.

“Sebagai Kasad, beliau banyak menggagas upaya peningkatan profesionalitas prajurit TNI AD dalam rangka memantapkan Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Bahkan ketika menjabat sebagai Menhan, beliau menggagas dan memimpin langsung penyelenggaraan Program Bela Negara untuk seluruh lapisan masyarakat guna memperkuat nasionalisme dan patriotisme,” kata Laksdya TNI Amarulla Octavian dalam keterangan tertulis yang diterima Tangerangraya.net.

Pengalaman pribadi selama bertugas di dalam negeri dan luar negeri juga ditulis ke dalam beberapa karya ilmiah yang menjadi referensi beberapa lembaga pendidikan di lingkungan TNI/TNI AD.

Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa) ini juga selaras dengan peta jalan pencapaian Universitas Pertahanan RI untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas Program Doktoral yang telah berjalan sejak 2018. Prestasi akademik Jenderal TNI (Purn) Dr. (H.C) Ryamizard Ryacudu merupakan teladan bagi para prajurit TNI untuk semakin bersemangat menimba ilmu di Universitas Pertahanan RI.

“Penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dapat menjadi suri tauladan bagi seluruh prajurit TNI agar semakin bersemangat mencapai prestasi akademik di masa mendatang,” kata Rektor Unhan RI. (RED/Tangerangraya.net)