Tutup Iklan
Daerah

Inspiratif! KKN Mahasiswa Ini Bantu Warga Perbaiki Jembatan

62
×

Inspiratif! KKN Mahasiswa Ini Bantu Warga Perbaiki Jembatan

Sebarkan artikel ini
Inspiratif! KKN Mahasiswa Ini Bantu Warga Perbaiki Jembatan

KUNINGAN, Beritaraya.id – Mahasiswa Sekoah Tinggi Keguruan dan Imu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kuningan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pakapasan Hilir, Kuningan Jawa Barat. Kamis, 20 Juli 2023.

Dalam kegiatan KKN tersebut, uniknya para mahasiswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan membangun jembatan menuju sungai bersama dengan Masyarakat Desa Pakapasan Hilir.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Milki Sihabul Milah selaku perwakilan Mahasiswa KKN STKIP menyampaikan tujuan dari KKN tersebut adalah untuk menumbuhkan rasa kesadaran bersama antara mahasiswa dan masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa moralitas yang tinggi, semangat untuk menemukan inspirasi baru, mengembangkan kepribadian serta rasa saling peduli satu sama lain.” Ujar Milki

Mahasiswa KKN bersama masyarakat setempat sempat pergi ke hutan untuk mengambil bambu yang akan di jadikan bahan jembatan yang rusak.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pergi ke lokasi perbaikan jembatan rusak yang menghubungkan ke area sungai cipedak bersama masyarakat lainnya.

Kemudian, para mahasiswa bersama masyarakat turut membersihkan saluran air ke perkebunan kacang, membersihkan jalan dan membakar sampah di sekitar jembatan itu.

Masyarakat setempat sangat antusias menyambut mahasiswa yang mau bekerjasama memperbaiki jembatan yang rusak tersebut lantaran bermanfaat untuk kelancaran aktivitas warga yang bertani.

Respon positif hadir dari Duweni, selaku perwakilan masyarakat setempat kepada para Mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan sosial dalam memperbaiki jembatan tersebut.

Sehingga, jembatan yang menghubungkan ke lahan pertanian tersebut bisa di pakai untuk memudahkan akses ke lahan pertanian.

“Kami sangat berterima kasih kepada para mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan yang telah membantu di Desa Kami, semoga hal ini menumbuhkan rasa tali persaudaraan, dan mempererat jalinan tali silaturahmi satu sama lain.” Ucap Duweni.

Menurut Milki, selain membantu masyarakat dalam partisipasi perbaikan jembatan, mahasiswa KKN STKIP tersebut mempunyai beberapa program lain.

“Ada beberapa program yang kita laksanakan dalam pelaksanan KKN di Desa Pakapasan Hilir, diantaranya yaitu pendidikan, Wirausaha, serta Sosial.” Kata Milki.

“Pada dasarnya Kegiatan ini untuk memenuhi salah satu program yaitu program sosial yang dilaksanakan di RT 05 Desa Pakapasan Hilir Kec. Hantara Kab. Kuningan.” Tutup Milki.