Tutup Iklan
Opini

Sikap Politik Serikat Tani Nelayan Kabupaten Ketapang Menyokong Prabowo-Gibran Dalam Pilpres 2024

9
×

Sikap Politik Serikat Tani Nelayan Kabupaten Ketapang Menyokong Prabowo-Gibran Dalam Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Sikap Politik Serikat Tani Nelayan Kabupaten Ketapang Menyokong Prabowo-Gibran Dalam Pilpres 2024

Artikel ini ditulis oleh Ketua Serikat Tani Nelayan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat, Yakaris Irawan.

Dalam sebuah pengumuman resmi hari ini, Serikat Tani Nelayan Kabupaten Ketapang menyatakan sikap politiknya menjelang Pemilihan Presiden 2024.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Serikat Tani Nelayan Kalbar dan Pimpinan Wilayah Ketapang yang mewakili ribuan petani dan nelayan setidaknya Jumlah keanggotaan tersebar di 20 kecamatan di 253 Desa, dan 480Kelompok Tani dengan jumlah 93.858 Anggota beserta keluarganya yang memiliki Hak Daftar pemilihan tetapdi wilayah Provinsi Kalimantan barat terkhusus kabupaten Ketapang, ini dengan tegas menyatakan dukungannya secara penuh terhadap pasangan Prabowo-Gibran.

Petani Nelayan (Ilustrasi).


Sedangkan untuk keputusan Politik STN Kalbar dan Pimpinan Wilayah Kabupaten sampai tingkat Desa,sampai saat ini dengan tegas belum ada memberikan dukungan suara ke Partai Politik manapun. Keputusan ini bukanlah tanpa pertimbangan mendalam.

Serikat Tani Nelayan Kabupaten Ketapang mengutuk sikap beberapa partai politik yang dalam pandangan mereka, gagal memenuhi janji-janji politiknya dan tidak memberikan perhatian yang memadai terhadap perjuangan petani dan nelayan.

Jumlah lahan Pekebun Sawit di Kab. Ketapang kurang lebih 281574 Ha 30% lebih  lahan tersebut masuk dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas, beririsan dengan HGU, sehingga ini menjadi ancaman serius terhadap keberlangsungan pekebun Sawit di Kabupaten Ketapang, dan 90% lahan pekebun Sawit belum memiliki Surat Tanda Daftar Budidaya dan ini menjadi tantangan kedepan untuk memasarkan hasil panen para pekebun sawit.

Satu sisi minimnya SDM Pekebun membuat tingkat produksi dan kualitas TBS menurun, harga juga rendah ditataran pekebun. Untuk itu belum ada langkah-langkah kongkrit pemerintah atau program pemerintah untuk menjawab problem para pekebun Sawit didaerah kami yang berdasarkan luasan wilayah terbesar di Provinsi Kalimantan Barat dan no 2 setelah provinsi Riau.

Untuk menjawab masalah pekebun, saat ini pekebun sawit terus memperkuat persatuan, solidaritas sesama pekebun untuk menggalang kekuatan dengan Program-program kerja salah satunya mendorong pekebun untuk melakukan pemetaan lahan dan melakukan upaya penggalangan dana secara mandiri tanpa adabantuan pihak  manapun untuk mendapatkan STDB (Surat tanda daftar budidaya) juga dalam waktu dekat dan secara bertahap akan mendorong Program TORA (Tanah Objek Reforma Agraria)karena itu kami dari Serikat Tani Nelayan Kalbar dan Pimpinan Wilayah Ketapangberharap dengan Kepemimpinan Presiden baru kedepan, agar memfokuskan pembangunan dari Desa untuk Indonesia yaitu memperkuat Pekebun, Petani, dan Para Nelayan sebagai ujung tombak perubahan Indonesia lebih Adil dan Makmur.

Salah satu alasan utama yang mendorong Serikat Tani Nelayan Kabupaten Ketapang untuk mendukung pasangan Prabowo-Gibran adalah komitmen yang diakui dalam mendengarkan dan merespons langsung kebutuhan masyarakat agraris.

Pasangan ini telah membuktikan komitmennya untuk memprioritaskan kesejahteraan petani dan nelayan, serta mengambil langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kondisi kehidupan merekadengan mempertegas berjalan nya Hilirisasi di 21 Komuditas yang disitu mewakili sektor Pekebun, petani dan Nelayan.

Ketua Serikat Tani Nelayan Kabupaten Ketapang Yakaris Irawan menyatakan, kami tidak dapat lagi menerima janji-janji politik yang tidak dijalankan dengan tindakan nyata. Petani dan nelayan tidak ingin menjadi objek lumbung suara sematapara elite Partai, tapi sebagai pemain utama dalam perubahan positif. Prabowo-Gibran adalah pilihan kami karena mereka terbukti mendengarkan dan bertindak sesuai dengan kepentingan rakyat petani dan nelayan.

Serikat Tani Nelayan Kabupaten Ketapang menegaskan bahwa dukungan mereka bukan semata-mata karena faktor partisanship, tetapi merupakan respons terhadap perhatian dan komitmen nyata dari pasangan Prabowo-Gibran terhadap sektor pertanian dan perikanan dengan adanya program 21 Hilirisasi yang termasuk didalam nya sektor Perkebunan sawit, karet dan sektor perikanan yang jelas itu mampu mendongkrak peningkatan ekonomi dan kesejahteraan petani, pekebun dan para nelayan di Indonesia khusus nya di Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan barat.

Dengan ini, Serikat Tani Nelayan Kabupaten Ketapangmenyerukan kepada seluruh anggotanya dan masyarakat petani dan nelayan setempat untuk bersatu dalam mendukung Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden yang diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi kehidupan mereka.

[***]