Tutup Iklan
Daerah

Warga Masyarakat Soroti Proyek Siluman di Nagreg, Karena Tidak Ada Papan Informasi Proyek

24
×

Warga Masyarakat Soroti Proyek Siluman di Nagreg, Karena Tidak Ada Papan Informasi Proyek

Sebarkan artikel ini
Warga Masyarakat Soroti Proyek Siluman di Nagreg, Karena Tidak Ada Papan Informasi Proyek

BANDUNG, Beritaraya.id – Pembangunan proyek pelebaran jalan Kabupaten yang berada di wilayah Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung menjadi sorotan masyarakat setempat.

Pasalnya, pekerjaan jalan tersebut tidak ada terpasang papan informasi pelaksanaan proyek, sehingga menimbulkan pertanyaan bagi masyarakat.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Salah satu warga inisial AK saat di temui Beritaraya.id di lokasi mengatakan, pembangunan pelebaran jalan Kabupaten dari Desa Kendan ke perbatasan Kab. Garut di Desa Simpeun Kec. Limbangan di duga ada kejanggalan dan terkesan tidak transparan.

“Kami tidak mengetahui proyek ini sumber dana dari mana, CV mana, pagu anggaran berapa dan volumenya berapa, karena tidak ada papan informasi proyek yang seharusnya sebelum di kerjakan sudah harus terpasang,” ujar AK. Jumat, 2 Juni 2023.

Hal ini jelas pengerjaan proyek tidak transparan di karenakan tidak adanya papan informasi proyek yang terpasang di lokasi proyek dan di duga Proyek Siluman.

Padahal Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, telah mengatur bahwa setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai oleh keuangan negara wajib memasang papan nama proyek, untuk memuat informasi jenis kegiatan di lokasi.

Lanjut warga, kami sangat menyayangkan Dinas PUPR Kab. Bandung selaku pengawas lapangan tidak menegur serta mengingatkan pihak pelaksana agar memasang papan informasi proyek saat di mulai pekerjaannya.

“Bahwa pemasangan papan nama proyek merupakan bentuk transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,” terangnya.

“Proyek pemerintah ini kan di biayai oleh negara, uangnya dari rakyat, maka sudah seharusnya rakyat tahu informasi proyek ini,” pungkasnya.

Hingga berita ini di tayangkan, Dinas PUTR Kab. Bandung belum dapat di konfirmasi untuk kejelasan informasi dari proyek tersebut.